MICROSOF EXCEL 2010
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan angka yang
merupakan salah satu bagian dalam Microsoft office. Microsoft Excel atau di
singkat excel merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu
menghitung, memproyeksikan, menganaisis, dan mempresentasikan data.Fungsi.
·
Bisa
untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif.
·
Membuat
grafik
·
Memanajemen
data
·
Bisa
menggunakan fungsi matematis
·
Bisa
menggunakan fungsi logika untuk menyelesaikan masalah
Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
A. Cara menjalankan lembar sebar :
a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. Klik Microsoft Excel
Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
A. Cara menjalankan lembar sebar :
a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. Klik Microsoft Excel
Mengenal Bagian-
Bagian
. Tujuan
Setelah menyelesaikan
kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
1) Menjelaskan menu-menu yang terdapat dalam perangkat lunak lembar sebar.
2) Mengetahui kegunaan menu-menu dalam perangkat lunak lembar sebar.
Mengenal Bagian-bagian Lembar Kerja
1) Menjelaskan menu-menu yang terdapat dalam perangkat lunak lembar sebar.
2) Mengetahui kegunaan menu-menu dalam perangkat lunak lembar sebar.
Mengenal Bagian-bagian Lembar Kerja
KETERANGAN:
1.
Cell number box adalah
tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh
pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama
kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : → cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B)
baris ke-5.
2.
Formula box adalah
tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan
rumus formula bukan berupa angka melainkanalamat cell / cell addressnya. Setiap
kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama
dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
3.
Tab worksheet adalah
menyimpan multi sheet pada satu buku kerja.dapat dengan cepat berpindah dari
satu sheet ke sheet lain hanya dengan mengklik tab worksheet. Nama sheet dapat
diganti sesuai dengan kebutuhan. Buku lembar sebar ( Excel )menyediakan 3
lembar sebar (worksheet).
4.
Menu Bar adalah tempat
memuat daftar menu mulai dari file sampai help.
Bagian-bagian toolbar
KETERANGAN:
1.
NEW adalah untuk
membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik New pada toolbar,
atau bisa juga dengan mengklik File|New dari menu bar, atau tekan CTRL+N.
2.
Open adalah untuk
membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik open pada toolbar
atau Klik File|Open dari menu bar atau tekan CTRL+O, atau klik tombol Open
3.
Save adalah untuk
menyimpan data yang kita buat. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar
atau klik File|Save As atau CTRL+S.
4.
Print adalah untuk
mencetak lembar sebar. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar
5.
Print Preview adalah
Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .
6.
Spell Check adalah
Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.
7.
Copy dan paste adalah
Menu ini digunakan untuk menyalin data dari suatu data range ke data range
8.
Undo and Redo adalah
untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam
sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo
9.
Insert Hyperlink
adalah Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks
kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol
Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik
OK.
10.
Zoom adalah Untuk
mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari
menu Zoom.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar